Jumat, 15 Mei 2009

Sisterm Komputer

Hardware ( Perangkat Keras ) atau Perangkat Fisik atau perangkat / rangkaian elektronika pada komputer.
Software ( Perangkat Lunak ) atau Non Fisik atau Program yang dijalankan pada komputer.
Brainware atau Sumber Daya Manusia.

Perangkat Komputer

Tersusun atas tiga perangkat utama :
1. Prosesor
2. Memori
3. Input-Output

Prosesor : Merupakan bagian dari perangkat keras Komputer yang melakukan pemrosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama yaitu : ALU ( Arithmatic Logical Unit ) sebagai pusat pengolah data dan Control Unit sebagi pengontrol kerja komputer.

Kecepatan Prosesor : Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh keceptan clock dari Control Unitnya. Jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya adalah :T = 1/f = 1/( 350 × 106 Hz ) = 0,286 × 10-8 detik.

Memori

Memori, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu :
1. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan dat a dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasanya juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah: ( Volatil (informasi adalah selama komputer bekerja atau hidup ), kecepatan tinggi, akses random atau acak ).
2. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah: ( non volatil atau persisten, kecepatan relatif rendah dibandingkan memori primer, akses random atau sekuensial ), contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetif tape, optical disk, dll.
Jenis Memori

• ROM ( Read Only Memory ) hanya dapat dibaca.
ROM merupakan memori permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh pabrik dan biasanya tidak dapat dirubah oleh pengguna komputer. ROM berisi program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti BIOS, BASIC dan Boot Strap Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan.
• RAM ( Random Access Memory ) dapat dibaca dan ditulis. Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam RAM. Data-data yang terdapat dalam RAM ini hanya bersifat sementera , apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang. Jenis RAM diantaranya adalah EDO RAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll.

I/O Device

Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :
• Input Device ( Piranti Masukan), berfungsi sebai media komputer untuk memberikan masukan dari luar. Contoh : Keyboard, Mouse, Touch Screen, Scanner, Camere, Modem, Network Card, dll.
• Output Device ( Piranti Keluaran ), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Contoh : Monitor, Printer, Speakrer, Plotter, Modem, network card, dll.

BUS

• Data Bus : Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sisterm komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapt ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artnya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
• Address Bus : Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
• Control Bus : Digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel


Skema I/O Device dan BUS
MAINBOARD / MOTHERBOARD

Papan rangkaian utama berfungsi sebagi pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang tersambung padanya. Selain itu juga mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC

Software

• Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik ( +, -, :, × )dan logika ( And, OR, >, <, = ).
• Data yang diolah tidak hanya berupa data bilangan dan karakter tapi juga berupa audio visual ( bunyi, suara, gambar, video ). Seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit.

BIT ( Binary Digit )

• Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan sebagai binary digit ( bit ), yaitu 1 ( benar / on ) atau 0 ( salah / off ).
• Cara ini sudah pasti sangant menyulitkan sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible ( 4 bit ), byte ( 8 bit ), word ( 2 byte ), double word ( 32 bit ).

Perangkat Komputer

Tersusun atas tiga perangkat utama :
1. Prosesor
2. Memori
3. Input-Output

Prosesor : Merupakan bagian dari perangkat keras Komputer yang melakukan pemrosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama yaitu : ALU ( Arithmatic Logical Unit ) sebagai pusat pengolah data dan Control Unit sebagi pengontrol kerja komputer.

Kecepatan Prosesor : Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh keceptan clock dari Control Unitnya. Jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya adalah :T = 1/f = 1/( 350 × 106 Hz ) = 0,286 × 10-8 detik.

Memori

Memori, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu :
1. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan dat a dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasanya juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah: ( Volatil (informasi adalah selama komputer bekerja atau hidup ), kecepatan tinggi, akses random atau acak ).
2. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah: ( non volatil atau persisten, kecepatan relatif rendah dibandingkan memori primer, akses random atau sekuensial ), contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetif tape, optical disk, dll.
Jenis Memori

• ROM ( Read Only Memory ) hanya dapat dibaca.
ROM merupakan memori permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh pabrik dan biasanya tidak dapat dirubah oleh pengguna komputer. ROM berisi program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti BIOS, BASIC dan Boot Strap Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan.
• RAM ( Random Access Memory ) dapat dibaca dan ditulis. Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam RAM. Data-data yang terdapat dalam RAM ini hanya bersifat sementera , apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang. Jenis RAM diantaranya adalah EDO RAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll.

I/O Device

Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :
• Input Device ( Piranti Masukan), berfungsi sebai media komputer untuk memberikan masukan dari luar. Contoh : Keyboard, Mouse, Touch Screen, Scanner, Camere, Modem, Network Card, dll.
• Output Device ( Piranti Keluaran ), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Contoh : Monitor, Printer, Speakrer, Plotter, Modem, network card, dll.

BUS

• Data Bus : Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sisterm komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapt ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artnya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
• Address Bus : Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
• Control Bus : Digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel


Skema I/O Device dan BUS
MAINBOARD / MOTHERBOARD

Papan rangkaian utama berfungsi sebagi pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang tersambung padanya. Selain itu juga mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC

Software

• Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik ( +, -, :, × )dan logika ( And, OR, >, <, = ).
• Data yang diolah tidak hanya berupa data bilangan dan karakter tapi juga berupa audio visual ( bunyi, suara, gambar, video ). Seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit.

BIT ( Binary Digit )

• Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan sebagai binary digit ( bit ), yaitu 1 ( benar / on ) atau 0 ( salah / off ).
• Cara ini sudah pasti sangant menyulitkan sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible ( 4 bit ), byte ( 8 bit ), word ( 2 byte ), double word ( 32 bit ).

Evolusi Software










Jenis Software

1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh : MS Dos, MS Windows ( dengan sebagai generasi ), Macintosh, OS/2, UNIX ( dengan berbagai versi ), LINUX ( dengan berbagai distribusi ), NetWare, dll.

Katagori Sistem Operasi

Terbagi atas tiga bagian :
• Desktop Operating Systems
• Sever Operating Systems
• Specialist Operating Systems

Operating Systems
• Desktop Operating Systems
• Fairly reliable Kernel design
• Plug and Play
• Highly featured API
• User friendly Interface
• Populer Desktop Operating Systems
• Microsoft Windows ( 85% )
• Linux
• Apple MacOS X
• Server Operating Systems
• Untuk layanan server dalam jaringan kompute / internet
• Reliabilitas tinggi
• Umumnya Microsoft Windows Server, Unix, Linux.
• Specialist Operating Systems
• Small size
• Real-time scheduing

2. Software Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : Software Office, Software Utility, Software Pengolah grafis, Software akuntansi, manajemen, dll.
Aplikasi Office : Word Processors, Spreadsheets, Databases, Presentation tools, Personal Information Managers.

Graphics and Design : Photo Management ( Adobe’s Lightroom, Google’s Picasa, Apple’s iPhoto) , Photo Manipulation ( Adobe’s Photoshop,Macromedia Fireworks, GIMP) , Drawing ( Raster Graphics / Bitmap Vector Graphics, Macromedia’s Freehand, Adobe’s illustrator, Fireworks), Page Layout, Publshing.

3. Bahasa Pemprograman, merupakan software untuk pembuatan atau pengembagan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tngkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘ Bahasa manusia ‘ . Bahasa tingkat rendah ( atau biasa disebut bahasa assembly ) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprogaman juga memiliki pertumbuhan generasi.

4. Software Jaringan / Internet : Merupakan software khusu yang mampu bekerja dalam jaringa komputer atau internet. Contoh : Bowser Internet ( Internet Explorer, Netscape, Opera, dll), Software e-mail ( Outlook, eudora ), dll. Perkembangan ke depan akan membuat semau jenis software harus mampu bekerja dalam jaringan komputer /internet.

BRAINWARE

• Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
• Programmer, berperan menerjemahkan rencangan yang dibuat analis kedalam baha pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer.
• Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberkan.
• Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keras komputer dan lingkungan tempat komputer berada.

Jenis Software

1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh : MS Dos, MS Windows ( dengan sebagai generasi ), Macintosh, OS/2, UNIX ( dengan berbagai versi ), LINUX ( dengan berbagai distribusi ), NetWare, dll.

Katagori Sistem Operasi

Terbagi atas tiga bagian :
• Desktop Operating Systems
• Sever Operating Systems
• Specialist Operating Systems

Operating Systems
• Desktop Operating Systems
• Fairly reliable Kernel design
• Plug and Play
• Highly featured API
• User friendly Interface
• Populer Desktop Operating Systems
• Microsoft Windows ( 85% )
• Linux
• Apple MacOS X
• Server Operating Systems
• Untuk layanan server dalam jaringan kompute / internet
• Reliabilitas tinggi
• Umumnya Microsoft Windows Server, Unix, Linux.
• Specialist Operating Systems
• Small size
• Real-time scheduing

2. Software Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : Software Office, Software Utility, Software Pengolah grafis, Software akuntansi, manajemen, dll.
Aplikasi Office : Word Processors, Spreadsheets, Databases, Presentation tools, Personal Information Managers.

Graphics and Design : Photo Management ( Adobe’s Lightroom, Google’s Picasa, Apple’s iPhoto) , Photo Manipulation ( Adobe’s Photoshop,Macromedia Fireworks, GIMP) , Drawing ( Raster Graphics / Bitmap Vector Graphics, Macromedia’s Freehand, Adobe’s illustrator, Fireworks), Page Layout, Publshing.

3. Bahasa Pemprograman, merupakan software untuk pembuatan atau pengembagan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tngkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘ Bahasa manusia ‘ . Bahasa tingkat rendah ( atau biasa disebut bahasa assembly ) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprogaman juga memiliki pertumbuhan generasi.

4. Software Jaringan / Internet : Merupakan software khusu yang mampu bekerja dalam jaringa komputer atau internet. Contoh : Bowser Internet ( Internet Explorer, Netscape, Opera, dll), Software e-mail ( Outlook, eudora ), dll. Perkembangan ke depan akan membuat semau jenis software harus mampu bekerja dalam jaringan komputer /internet.

BRAINWARE

• Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
• Programmer, berperan menerjemahkan rencangan yang dibuat analis kedalam baha pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer.
• Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberkan.
• Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keras komputer dan lingkungan tempat komputer berada.

Posting Lebih Baru

Artikel Lainnya Cari Dibawah Ini :

Posting Lama Beranda